Jumat, 16 Oktober 2009

Kegiatan Siswa SLTA Sehari-hari


Siswa SMA di Jepang biasanya bangun sekitar pukul 06.00-07.00. Mereka biasanya membawa bekal obentou yang telah disiapkan oleh ibunya.
Mereka pergi ke sekolah dengan menggunakan densha (kereta listrik), bis, sepeda, atau berjalan kaki. Pada umumnya siswa di Jepang dilarang pergi ke sekolah mengendarai kendaraan bermotor untuk mengurangi kecelakaan.
Tiba di sekolah, mereka menukarkan sepatunya dengan alas kaki yang sudah disiapkan di lokernya masing-masing.
Sekolah di Jepang biasanya dimulai pukul 08.40 dan berakhir kira-kira pukul 15.30. Waktu untuk makan dan istirahat siang sekitar 40 menit. Pada saat makan siang, umumnya siswa-siswi menyantap obentou, tetapi ada juga siswa-siswi yang membeli makanan di kantin sekolah dengan harga relatif murah.
Sebelum pulang, siswa wajib membersihkan kelas dan lingkungan sekolah. Setelah pelajaran selesai, ada siswa yang langsung pulang ke rumah, tetapi ada juga siswa yang mengikuti klub olahraga, seni musik, dan sebagainya.
Di luar sekolah para siswa ada yang mengikuti bermacam-macam kursus. Pada malam hari, ada juga siswa yang mendatangkan guru privat untuk bimbingan persiapan ujian masuk perguruan tinggi, dan banyak juga bersama-sama teman-teman mengikuti bimbingan belajar di tempat kursus.
Setelah makan malam mereka melakukan kegiatan yang disukai, misalnya mendengarkan musik, bermain komputer game, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar